Mood Model Sangat Berpengaruh Pada Hasil Foto

Suci, salah satu model yang sering gue ajak hunting.

Memotret model atau portrait bisa dibilang susah-susah gampang. Karena buat dapet hasil foto yang baik, bisa tergantung dari banyak faktor. Sebuah foto portrait yang baik, objek utamanya tidak lain adalah model itu sendiri.

Sebuah foto portrait, biasanya ekspresi model yang diabadikan oleh kamera menjadi salah satu faktor yang terpenting. Kenapa? Karena dengan ekspresi yang terlihat, maka kesan atau pesan yang akan kita sampaikan pada foto tersebut dapat diterima oleh orang lain dengan jelas.

Untuk menghasilkan foto portrait dengan suasana gembira, datar, atau sedih, sangat bergantung dari mood model. Seperti foto di atas, kebetulan suasana hati modelnya sedang kurang ceria.

Karena itu, jika kita sedang ingin membuat foto portrait dengan pesan yang datar (tatapannya kosong dll) atau terlihat sedih, kondisi suasana model tersebut sedang cocok. Tetapi jika kita sedang ingin membuat foto portrait dengan kesan gembira, tentunya hasilnya akan sangat tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Sedikit saran dari gue sih, ada baiknya sebelum hunting, kita sedikit cari tau kira-kira apakah suasana hati atau mood model tersebut sedang biasa saja, sedang sedih, ataupun sedang tidak nyaman dengan keadaan serta kondisi di lokasi motret.

Pengalaman gue motret model selama ini, emang mood do’i sangat berpengaruh pada hasil foto kita. Terus, gimana biar bisa dapet foto portrait yang baik tanpa harus bingung memperhatikan hal-hal tersebut? Mungkin kalian bisa menggunakan foto model professional.

Biasanya mereka sudah lebih terbiasa menyembunyikan atau menampilkan ekspresi yang sesuai dengan permintaan fotografer. Sesuai konsep gitu deh..

Tapi, kalau kita sudah terlanjur di lokasi dan ternyata baru tau kalau suasana hati model sedang tidak mood, ada baiknya kita ajak ngobrol santai terlebih dulu buat mencairkan suasana dan memperbaiki mood model.

Buat rekan-rekan fotografer senior, mohon maaf kalo tulisan gw dirasa sok tahu, sok jago, dan sok-sok yang lainnya. Disini gue cuma berniat sharing sedikit tips dari beberapa pengalaman gue aja. Dan mohon maaf kalau hasil fotonya tidak bagus. Karena niatnya hanya sharing pengalaman ringan tentang dunia fotografi saja 🙂

Tanggapan anda: